Skip to main content

Air Terjun Tangga Hambing Hasilkan PLTMH

Potensi PLTMH
Air terjun Tangga Hambing

Air Terjun Tangga Hambing berasal dari aliran Sungai Simondol, terletak di Desa Gajah Sakti, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Warga masyarakat setempat berharap kepada pihak pemerintah ataupun swasta agar potensi air tersebut dapat di kelola menjadi energi baru terbarukan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) seperti PLTMH Desa Gonting Malaha selaku jiran Desa Gajah Sakti mengingat sering terjadi nya devisit listrik  di Sumatera Utara.


Seperti harapan mereka, dimana potensi air terjun Tangga Hambing kira nya dapat di kelola menjadi sumber pendapatan desa. Namun untuk menuju pencapaian tersebut membutuhkan sentuhan tangan-tangan dingin dan profesional agar air terjun Tangga Hambing dapat bertransformasi menjadi energi listrik terbarukan dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Dalam hal ini hendak nya pihak pemerintah setempat ataupun kita semua dapat menjalin kerja sama dan berdaya kreatif untuk mewujud kembangkan potensi daerah nya. Permasalahan nya kadang kita selalu mengabaikan sumber-sumber kekayaan alam di sekeliling kita atau kadang tidak sampai kesana pemikiran nya dan selalu berpikiran pesimis.

Atas permintaan warga setempat Anto Manurung dan Nanang Kurniawan , pada Kamis, 17/9/2015 kami turun kesana melihat air terjun tersebut yang kebetulan berada tidak jauh dari tempat tinggal saya di Desa Gonting Malaha dengan jarak tempuh sekitar 5 km atau 15 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Yah...hitung-hitung rekreasi keliling antar kampung melihat panorama alam wisata desa. Sementara jika di tempuh dari ibu kota kabupaten yakni Kisaran sekitar 40 km.

"Sudah lama kami berharap, kelak ada pihak-piha─Ě yang mau mengelola air terjun Tangga Hambing dan memberdayakan masyarakat setempat guna menghadapi krisis listrik dan menambah pendapatan perekonomian warga sebab di Desa Gonting Malaha sudah ada PLTMH dan sekarang di Desa Aek Nagali juga sedang melakukan penelitian dan akan di bangun PLTMH Aek Piasa,"kata Anto dan Nanang warga Desa Gajah Sakti.

Kecamatan Bandar Pulau terdiri dari 10 (sepuluh) desa yakni Desa Bandar Pulau Pekan, Desa Padang Pulau, Gajah Sakti, Gonting Malaha, Aek Nagali, Gunung Berkat, Buntu Maraja, Desa Perkebunan Aek Tarum dan Desa Perkebunan Padang Pulau. 10 (sepuluh) desa tersebut berada dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan secara geografis berada di bawah untaian kaki pegunungan Tormatutung Bukit Barisan. Artinya sumber-sumber mata air seperti Aek Sakkur, Aek Tarum, Aek Simondol, Aek Piasa, Aek Jalid, dan banyak lagi aliran-aliran sungai pegunungan di wilyah kecamatan Bandar Pulau berasal dari pegunungan Tormatutung yang memiliki potensi dalam membangun PLTMH.

Selama ini Air Terjun Tangga Hambing hanya di pergunakan sebagai tempat memancing ataupun menahan jaring untuk menangkap ikan-ikan pegunungan seperti Jurung dan setiap hari-hari besar hanya sebahagian kecil warga datang mengunjungi tempat tersebut sebagai objek wisata alam pedesaan. Sungguh sangat di sayangkan jika potensi air terjun tersebut jika dibiarkan begitu saja dan semesti nya-lah dapat di kelola oleh pemerintah atau kalangan pengusaha dan profesional untuk di jadikan pembangkit listrik tenaga air skala mikro hydro.
Anto Manurung dan rekan nya hendak memasang jaring di air terjun Tangga Hambing.
Peran mahasiswa setempat juga tak kalah penting nya untuk mewujudkan sebuah gagasan terwujud nya  PLTMH dengan bekerja sama dengan pemerintah, antar perguruan-perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk di lakukan penelitian terhadap debit air terjun Tangga hambing maupun sungai-sungai sekitar di kecamatan Bandar Pulau. Mengingat kecamatan Bandar Pulau memiliki sumber-sumber mata air seperti kami sebutkan diatas alangkah lebih baik nya di data dan di kelola secara tekhnologi menjadi lumbung-lumbung energi Aahahan energi baru terbarukan berbasis PLTMH apalagi saat ini pemerintah paling getol nya mengkampanyekan "Kedaulatan Energi Indonesia" energi baru terbarukan . Semoga terwujud...
Air Terjun Tangga Hambing Potensi PLTMH dalam membangun  Kedaulatan Energi Indonesia
Potensi PLTMH
Air Terjun Tangga Hambing Potensi PLTMH dalam membangun  Kedaulatan Energi Indonesia
Air Terjun Tangga Hambing
Air Terjun Tangga Hambing Potensi PLTMH dalam membangun  Kedaulatan Energi Indonesia

Baca Juga PLTMH Gonting Malaha


Popular posts from this blog

BARUS KOTA BERTUAH MINIATUR DAN DIMENSI SPRITUAL DARI PUNCAK MAKAM PAPAN TINGGI

Makam Tuan Syeikh Mahmud Barus di Papan Tinggi Desa Pananggahan, Kec. Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumut, sebagai Pembawa Syiar Agama Islam di Indonesia. Dari atas puncak Papan Tinggi atau yang biasa di sebut masyarakat setempat dengan sebutan Tompat atau Tangga Seribu menyimpan dimensi spritual yang tersembunyi. Dari atas terlihat hamparan pemukiman kota Barus dengan bentangan  samudera Hindia sebagai gerbang masuk nya Agama Kristen dan Islam di Indonesia dengan kekayaan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang pada zaman itu yakni kapur barus. (Baca : Rekam Jejak Barus)

MENGUNGKAP MISTERI PATUNG SI GANAGANA GONTING MALAHA YANG KINI TELAH HILANG

Tim Inventarisasi Situs Sejarah dan Cagar Budaya Kabupaten Asahan yang dibentuk Bupati Asahan, Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP, melalui SK 204-Porbud/2011, tanggal  31 Mei 2011 telah  berhasil menyingkap misteri Situs Sejarah penting yang selama ini tersembunyi dari perhatian publik. Namun misteri tersebut juga telah lenyap dengan hilang nya keberadaan patung Siganagana 5 tahun silam tidak berapa lama setelah Tim Inventarisir mengungkapkan nya.

Munas VI Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) 2017 TN Baluran

TN Baluran (Kader Konservasi Alam)

Usai kegiatan Jambore Nasional Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 8-10 Agustus di Taman Nasional (TN) Baluran, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, Baca; Jambore Nasional HKAN 2017 Seluruh jajaran pengurus FK3I Provinsi se-Indonesia bersama Kader Konservasi Alam (KKA) melakukan Musyawarah Nasional (Munas) ke-VI 11-12 Agustus 2017 di Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur untuk menentukan pengurus periode 2017-2022. Sesuai dengan tema HKAN 2017 Konservasi ALam Konservasi Kita.hingga tingkat tapak.

Bara JP Tapteng Dikukuhkan, Mantan Trio KPUD Turut Bidani.

Tapanuli Tengah, Sumatera Utara-Kader Konservasi Alam (KKA)  Pasca terbit nya Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) No. 043/K-Wil/DPP/Bara JPresiden/IX/2017 tanggal 7 September 2017 oleh Ketua Umum DPP Bara JP Sihol Manulang dalam satu poin nya Menugaskan Kabul Lumban Tobing (sebagai Koordinator), Adrin Ndraha dan Nursarifah Sitompul (sebagai Anggota) untuk menjalankan roda organisasi Barisan Relawan Jokowi Presiden Tapanuli Tengah secara kolektif kolegial selaku Caretaker Dewan Pengurus Cabang (DPC) Barisan Relawan Jokowi Presiden Tapanuli Tengah serta mempersiapkan dan melaksanakan Konferensi Cabang Luar Biasa DPC BaraJP Tapanuli Tengah selambatnya dalam tempo 60 (enampuluh) hari untuk memilih dan menetapkan Pengurus Definitif Barisan Relawan Jokowi Presiden Tapanuli Tengah. 

Pertamina TBBM I Kisaran Konservasi Mangrove Asahan

ASAHAN, metro24jam.com – Berangkat dari fungsi sebagai penjaga garis pantai dari abrasi dan terjangan tsunami, yang melatarbelakangi dilakukannya kegiatan penanaman pohon Mangrove sebanyak 48.000 pohon Mangrove atau seluas 12 Ha di Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Selasa (13/12/2017).