Skip to main content

Bara JP: Budi Daya Teripang Konservasi Pantai Barat Bersama Masyarakat

Ketua Bara JP Tapteng dan Sibolga
Ketua Bara JP Tapteng Kabul Lumban Tobing dan Ketua Bara JP Kodya Sibolga Riyanto Gendis bersama masyarakat petani dan nelayan membudidayakan Teripang dan PHijaukan Pantai. Photo: Kabul Lumban Tobing dan Riyanto Gendis.
Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Pantai Barat Tapanuli Tengah dan Kota Madya Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, Organisasi Masyarakat (Ormas) Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Madya Sibolga mengajak masyarakat membudidayakan Teripang dan tanam pohon. 

Masyarakat Mitra Konservasi
Masyarakat petani dan nelayan kembangkan usaha Teripang dan tanam pohon. Photo : Riyanto Gendis.

Beberapa Kelompok Masyarakat Nelayan dan Kelompok Tani Kodya dan Tapanuli Tengah diperkenalkan dengan dunia usaha baru yakni Teripang dan zona konservasi laut. Selama ini masyarakat Sibolga dan Tapteng didominasi dengan pekerjaan sebagai nelayan.

Selain budidaya Teripang, konservasi Mangrove juga menjadi tujuan masyarakat pesisir sebagai tindakan aksi Gas Rumah Kaca global warming, adaptasi dan mitigasi bencana mendukung program Perubahan Iklim. Selain itu Mangrove berfungsi sebagai pengurai limbah, menjadi rumah dan penyubur biota laut.

(Lihat Video Aliansi Mangrove Global Infografhics Mangrove)
Budidaya Teripang yang pada mula nya digeluti oleh Riyanto Gendis menarik perhatian dunia usaha dan Kabul Lumbang Tobing yang dikenal sebagai tokoh masyarakat Tapanuli Tengah yang pernah memimpin dua periode Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Tengah menggandeng Riyanto Gendis agar memasyarakatkan budidaya teripang tersebut sembari menjadi pelaku Masyarakat Mitra Konservasi.
Membina masyarakat nelayan
Ketua Bara JP Tapteng Kabul Lumbantobing dan Ketua Bara JP Kodya Sibolga Riyanto Gendis membina masyarakat untuk budidaya Teripang dan upaya pelestarian alam untuk Masyarakat Mitra Konservasi (MMK). Photo : Kabul Lumban Tobing dan Riyanto Gendis

Menurut Riyanto Gendis Dirjen Perikanan sudah turun meninjau usaha budidaya teripang bersama Balai Pengelolaan Daya Pesisir dan Laut (BPSL) Sumatera Barat dan telah menetapkan zona konservasi Teripang.
Budidaya
Budidaya Teripang Kelompok Masyarakat (Pokmas) Nelayan Sibolga Tapteng. Photo Riyanto Gendis
Untuk itulah Kabul Lumbantobing optimis dengan peluang usaha budidaya Teripang di Tapteng dengan potensi sumber daya kelautan Teluk Nauli. Hal tersebut juga didorong dengan dikukuhkan nya Kabul Lumban Tobing menjadi Ketua Bara JP Tapteng. (Baca:Bara JP Tapteng Dikukuhkan, Mantan Trio KPUD Turut Bidani.)


Dengan satu tekad bersama Bara JP, bahwa pemberdayaan masyarakat haruslah menjadi kekuatan pilar-pilar kebangsaan yang harus diberdayakan dan disejahterakan mendorong pembangunan masyarakat pada akar rumput. Seperti pernyataan nya langsung kepada kami selaku Kader Konservasi Alam beberapa waktu lalu dan Saya menginap dirumah Beliau di Pandan bahwa keberadaan masyarakat jarang dilirik, sementara kehidupan masyarakat nelayan dan petani Tapteng dan Kodya Sibolga boleh dikatakan masih sangat sederhana sekali perekonomian nya dan tingkat pengetahuan nya harus dikembangkan pada pola-pola ekonomi kreatif dan Kelompok Usaha Bersama (KUB).
Samudera Hindia
Teripang Kering. Photo : Riyanto Gendis
Sementara disektor konservasi masyarakat memegang peranan penting dalam upaya-upaya Konservasi dan Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAHE). Dengan pola konservasi Teripang diharapkan mampu mendongkrak perekenomian nelayan. Sebab pada zona konservasi akan menyuburkan biota laut.
Tanam Pohon
Ketua Bara JP Sibolga Riyanto Gendis tanam pohon lestarikan alam bersama warga dan kembangkan Teripang. Photo : Riyanto Gendis
Bagi saya Bapak Kabul Lumban Tobing sudah tidak asing lagi, sejak tahun 1999 saya sudah ikut Beliau hingga saat ini. Dan kami bergerak dalam bidang sektor ketahanan pangan dan perkebunan rakyat. Kabul Lumban Tobing mantan Ketua Koperasi Depot Es se-Sumut dijaman Ferdinan Simangunsong Ketua Puskud Sumatera Utara. Nantinya usaha-usaha masyarakat nelayan dan petani di manajemen dengan pola Koperasi yang di pelopori oleh Bara JP Tapteng dan Sibolga.
Kelompok Masyarakat
Kelompok Masyarakat Tapteng dan Sibolga sedang mempraktekan budidaya Teripang. Photo Riyanto Gendis

Kampanye Mangrove
 ALIANSI MANGROVE GLOBAL

Kini Bara JP Tapteng dan Sibolga bersatu padu, bahu membahu untuk merubah tarap perekonomian nya melalui budidaya Teripang, konservasi Mangrove dan kini mulai merambah penanaman Gaharu serta pengembangan Ubi Kayu. Pantai Barat memiliki potensi Kekayaan Sumber Daya Alam laut dan Pegunungan negeri yang dijuluki Susilo Bambang Yudhoyono itu bergelar miniatur dunia saat meresmikan PLTA Sipansipahoras era Bupati Tuani Lumban Tobing.

Bara JP
Kader Konservasi Alam Amiruddin Dolok Saribu bersama Ketua Bara JP Tapteng Kabul Lumbantobingaudensi dengan Kepala UPT KPH XI Tapteng Ronni Matondang, Photo: Amiruddin Dolok Saribu Kader Konservai Alam.

Dari sektor pariwisata juga tidak kalah menarik nya Tapanuli Tengah juga dijuluki Negeri Wisata Sejuta Pesona dan Sibolga sendiri terkenal dengan sebutan Negeri Berbilang Kaum. Dan, bukan tidak mungkin usaha-usaha yang mereka kerjakan kelak menjadi perhatian dunia usaha international apabila dikelola dan ditekuni dengan serius. Butuh waktu dan keseriusan karena merubah image masyarakat tidaklah segampang membalikan telapak tangan kata Beliau kepada saya 28 Agustus 2017.

Terkait dengan upaya-upaya KSDAHE di Kabupaten Tapanuli Tengah Kader Konservasi Alam Amiruddin Dolok Saribu menghubungi Kepala Dinas Kehutan Provinsi Sumatera Utara Ir. Hallen Purba, MM pada tanggal 14 September 2017 mengingat keberadaan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) XI Tapteng yang memiliki kawasan Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi Tetap (HPT).

Kampanye Mangrove ALIANSI MANGROVE GLOBAL

Kepala UPT KPH XI Tapteng Ir. Ronni Matondang apresiasi terhadap pola-pola pemberdayaan masyarakat dalam upaya KSDAHE. Ronni sangat tertarik dengan budidaya Gaharu, Kemenyan Toba dan Kapur Barus sebagai komoditas pertanian masyarakat sekitar kawasan hutan. Sementara untuk zona pesisir dapat dilakukan dengan konservasi mangrove.

Sementara menurut Ketua Harian Bara JP Tapteng Sudarma Sibagariang optimis dengan potensi Sumber Daya Alam Tapteng baik dari sektor pariwisata, ketahanan energi dengan potensi batu bara putih atau air terjun yang di kelola menjadi  Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) energi terbarukan.

"Bukan saja Pariwisata dan PLTMH namun budidaya ubi kayu, petai dan jengkol juga sangat potensial apabila di menej dengan Koperasi",kata Sudarma Sibagariang.
Teripang
Sudarma Sibagariang memamerkan hasil budidaya teripang yang sudah kering  masyarakat nelayan Sibolga Tapteng: Photo : Sudarma Sibagariang
Kampanye Bebas Polusi

Rujukan untuk Budidaya Teripang
Teripang.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teripang
Sea cucumber in kona.jpg
Seekor teripang
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Animalia
Filum:Echinodermata
Subfilum:Echinozoa
Kelas:Holothuroidea
Teripang atau trepang atau timun laut adalah istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat dimakan. Ia tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.
Di dalam jurnal-jurnal internasional, istilah trepang atau beche-de-mer tidak pernah dipakai dalam topik-topik keanegaragaman, biologiekologi maupun taksonomi. Dalam subjek-subjek ini, terminologi yang dipakai untuk menggambarkan kelompok hewan ini adalah sea cucumbers atau holothurians (disebut holothurians karena hewan ini dimasukkan dalam kelas Holothuroidea). Kelompok timun laut yang ada di dunia ini lebih dari 1200 jenis, dan sekitar 30 jenis di antaranya adalah kelompok teripang.
Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang merupakan komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). Teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspensi feeder). Di wilayah Indo-Pasifik, pada daerah terumbu yang tidak mengalami tekanan eksploitasi, kepadatan teripang bisa lebih dari 35 ekor per m2, di mana setiap individunya bisa memproses 80 gram berat kering sedimen setiap harinya.
Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting diantaranya: teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp) dan beberapa jenis teripang lainnya.

teripang laut
Manfaat Teripang laut untuk kesehatan sudah terbukti super ampuh yang dapat menjaga dari berbagai kelainan dan kebugaran tubuh. Apakah Anda pernah melihat teripang secara langsung? Ya,ini adalah salah satu kekayaan hewan laut yang memiliki bentuk persis seperti sosis. Bedanya teripang tidak mulus tapi memilik benjolan kecil-kecil seperti kutil. Dibalik bentuknya yang kurang menyenangkan, ternyata teripang adalah hewan yang sangat bermanfaat.  Hewan laut yang termasuk dalam kelompok keluarga Echinodermata ini memiliki bentuk seperti landak atau bintang laut. Teripang memiliki habitat berada dibagian dasar laut dan hanya sedikit yang akan berada di bagian atas.

Hewan yang memiliki bentuk seperti timun dengan panjang sekitar 0.11 hingga 12 inci ini telah dinikmati sebagai hidangan istimewa oleh masyarakat Cina. Teripang bukan termasuk hewan yang dilindungi sehingga bebas di konsumsi. Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi teripang, seperti dibawah ini.
  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Penderita kanker sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi teripang. Teripang dipercaya bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker bahkan memeranginya hingga musnah. Salah satu penelitian membuktikan jika senyawa seperti glikosida triterpen yang ditemukan dalam teripang sangat baik untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Untuk kanker pada tahap awal bahkan bisa menerima efek yang sangat baik. Hal lain juga dibuktikan bahka teripang mengandung philinopside E. Bahan ini bisa memberikan rangsangan yang baik untuk pembuluh darah dan mengatasi penyebaran kanker dari pembuluh darah.
  1. Mencegah Peradangan
Teripang ternyata juga terbukti untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan menjaga agar peradangan tidak lebih buruk. Hal ini sangat penting untuk orang yang menderita peradangan pada tulang atau arthritis. Kandungan beberapa senyawa yang ditemukan dalam teripang seperti glukosamin, mukopolysakarida, dan kondotrin sangat baik untuk meningkatkan efek anti peradangan yang tinggi. Efek yang paling sering diterima oleh orang yang makan teripang adalah berkurangnya rasa nyeri dan sakit yang lebih buruk pada awalnya. Senyawa dalam teripang ternyata bisa bereaksi dengan menurunkan kandungan prostaglandin dalam tubuh.
  1. Mengatasi Resiko Pembekuan Darah
Masalah pembekuan darah sangat berbahaya untuk tubuh. Tubuh Anda bisa menerima beberapa resiko yang lebih buruk seperti penggumpalan darah dalam paru-paru atau pembuluh darah. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik. Konsumsi teripang sangat baik untuk mencegah proses pembekuan darah yang terjadi pada pembuluh darah dan semua bagian tubuh Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil, terbukti jika teripang bisa melawan efek pembekuan. Teripang mengandung kondrotin yang  bisa mencegah pembekuan darah.
  1. Mengobati Luka
Pada jaman dahulu teripang menjadi salah satu bahan alami yang bisa menghentikan pendarahan dan mengobati luka agar lebih cepat kering atau sembuh. Konsumsi teripang sangat membantu orang yang mengalami luka baik untuk bagian dalam atau luar tubuh. Teripang akan membantu tubuh Anda mendapatkan proses regenerasi sel dan jaringan tubuh yang lebih baik. Kandungan beberapa jenis senyawa seperti asam arakidonat dipercaya akan meningkatkan fungsi ini.
  1. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri
Teripang juga dipercaya bisa membantu tubuh untuk melawan berbagai infeksi akibat virus atau bakteri. Teripang akan meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh. Bahkan ketika tubuh Anda mendapatkan nutrisi dari teripang maka kekuatan sel-sel dalam tubuh akan meningkat. Proses regenerasi sel darah merah yang sehat akan menjadi lebih baik. Fungsi inilah yang kemudian bisa membuat luka atau penyakit infeksi disembuhkan dengan makan teripang. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh berbagai penduduk yang tinggal di wilayah perairan di Cina. Mereka jarang pergi ke dokter ketika sakit, sebab makan teripang akan membantu tubuh menjadi lebih baik.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Penderita Kanker
Bagi penderita kanker, manfaat teripang sangat penting dan dapat membantu sekali. Penderita kanker bisa mengalami masalah kekebalan tubuh terutama ketika sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Beberapa sel yang sehat akan ikut terbunuh ketika obat yang keras tersebut masuk ke dalam tubuh. Namun konsumsi teripang saat menjalani kemoterapi akan meningkatkan efek kekebalan tubuh dan membuat tubuh bisa melawan efek kemoterapi yang buruk. Teripang mengandung senyawa yang bisa membuat sel sehat dalam tubuh menjadi lebih aktif.
  1. Sumber Protein Sehat untuk Tubuh
Mengkonsumsi teripang juga akan membantu tubuh Anda mendapatkan protein yang sehat dan cukup. Protein sangat penting untuk tubuh karena bisa membantu membangun sintesa DNA, menjaga energi dalam tubuh, meningkatkan fungsi sel tubuh dan masih banyak fungsi lain. Kandungan protein teripang yang cukup tinggi sangat baik untuk tubuh. Karena itu orang yang baru sakit dan masuk tahap pemulihan sangat disarankan untuk mengkonsumsi teripang. Karena itu di Cina banyak orang makan teripang saat sedang sakit atau tidak enak badan.
Sumber protein lainnya
  1. Mengatasi Impotensi
Salah satu hal yang paling menakutkan bagi pria adalah mengalami impotensi. Namun di Cina pengobatan impotensi dengan konsumsi teripang sudah teruji dan memang terbukti sangat ampuh. Teripang akan membantu meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah di sekitar organ vital. Kemudian kandungan bahan protein yang tinggi ini juga akan menjaga sel sperma yang sehat. Karena itu banyak para pria di Cina yang lebih sering mengkonsumsi teripang dibandingkan wanita. Bahkan teripang selalu menjadi hidangan istimewa bagi pria.
  1. Menurunkan Kolesterol
Manfaat teripang laut untuk kolesterol juga tidak bisa kita anggap sebelah mata. Kolesterol adalah lemak jahat yang bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis. Orang yang memiliki gangguan tinggi kolesterol juga beresiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan kolesterol maka disarankan mengkonsumsi teripang secara rutin. Teripang mengandung lemak sehat meskipun dalam angka yang kecil. Namun kemampuan teripang untuk menjaga renegerasi sel tubuh bisa meningkatkan fungsi untuk menurunkan kolesterol.
Baik juga untuk menurunkan kolesterol
  1. Menghentikan Pendarahan Setelah Melahirkan
Kebudayaan mengkonsumsi teripang setelah melahirkan sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat Cina dan Malaysia. Ibu yang baru saja melahirkan akan diberikan hidangan istimewa dengan bahan teripang. Teripang akan menghentikan pendarahan secara alami, memulihkan tenaga ibu yang baru saja melahirkan dan memberikan efek mengurangi rasa sakit yang sangat besar.
  1. Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes
Penderita diabetes biasanya mengalami luka yang disebabkan karena kematian sel syaraf tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada bagian kaki. Hal yang paling mengerikan adalah jika luka tersebut membusuk yang harus diamputasi untuk mengurangi masalah komplikasi lainnya. Konsumsi teripang untuk penderita diabetes yang mengalami hal ini bisa membantu mengatasi luka yang membusuk. Kemampuan teripang untuk memulihkan fungsi sel dan membangun jaringan kulit bisa menyembuhkan luka yang membusuk. Karena itu teripang bisa menjadi makanan yang sangat sehat untuk penderita diabetes. Selain itu teripang juga akan mampu mengatur kadar insulin dalam tubuh.
  1. Membantu Fungsi Ginjal
Teripang menjadi salah satu bahan makanan yang bisa membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi ginjal. Teripang akan meningkatkan kerja sel dan produksi sel darah merah. Proses ini sekaligus akan membantu ginjal untuk berfungsi lebih baik ketika menyaring racun dan cairan dalam tubuh. Orang yang memiliki resiko terkena penyakit ginjal sangat disarankan mengkonsumsi teripang.
  1. Menyembuhkan Sakit Gigi
Sakit gigi yang terjadi akibat gigi berlubang, radang gusi atau jenis gangguan lain juga bisa disembuhkan dengan makan teripang. Teripang bisa membantu melawan serangan bakteri yang sering menyebabkan sakit gigi. Ketika gigi berlubang atau gusi mengalami infeksi maka bisa membuat aktifitas bakteri menjadi sangat tinggi. Teripang bisa membantu mengatasi serangan bakteri, melawan rasa sakit dan membuat kesehatan mulut yang lebih baik lagi. Dalam pengujian yang menggunakan pasta gigi dari teripang bisa terbukti jika teripang sangat efektif untuk mengurangi sakit gigi dan melawan infeksi yang menyerang bagian mulut.
  1. Meningkatkan Nafsu Makan
Teripang juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Teripang memiliki rasa yang sangat khas dan bisa mudah menyerap berbagai jenis bumbu. Ketika sedang sakit atau tidak nafsu makan maka teripang bisa menjadi menu pilihan. Kandungan rasa dan tekstur sangat sangat khas akan membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu teripang mengandung senyawa yang bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih nyaman. Ketika mual atau selalu ingin muntah karena kurang sehat maka teripang akan membantu mengatasi masalah ini.
  1. Meningkatkan Fungsi Metabolisme
Teripang penuh dengan nilai gizi yang penting seperti lemak sehat, protein, mineral dan vitamin. Semua jenis nutrisi ini sangat penting untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi teripang juga sangat baik untuk mendukung kerja sel tubuh dan meningkatkan aktifitas darah dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu proses regenerasi sel, penyerapan sari makanan, pembakaran lemak dan bisa menjaga kesehatan.
  1. Mengatasi Masalah Pernafasan
Manfaat teripang laut untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk pernafasan. Teripang juga menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pernafasan. Praktek kesehatan teripang untuk mengatasi masalah pernafasan seperti sesak nafas, alergi, batuk dan asma ringan sudah diterapkan di Cina. Teripang mengandung senyawa khusus yang bisa membantu melonggarkan saluran pernafasan. Bahkan teripang akan mengatasi beberapa gangguan pernafasan akibat alergi dengan cara meningkatkan zat anti alergi dalam darah.
  1. Mencegah Efek Penuaan Dini
Salah satu rasahasia kecantikan wanita Cina dan Jepang adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan laut seperti Teripang. Bahkan kebiasaan ini sekarang berkembang di Korea dan Taiwan. Teripang mengandung vitamin E dan senyawa yang bisa meningkatkan aktifitas kolagen. Kolagen sangat penting karena akan membuat kulit Anda menjadi lebih elastis dan terlihat mulus. Kemampuan bahan ini juga penting untuk mencegah penuaan dini seperti keriput dan bintik hitam. Tepung yang diolah dari teripang yang sudah dikeringkan bisa menjadi masker yang bisa membuat kulit lebih cantik.
Fakta Nyata Tentang Teripang
  1. Teripang memiliki bentuk badan yang memanjang dan bulat.
  2. Warna teripang sangat berbeda-beda tergantung dari jenis spesiesnya. Namun jenis warna yang paling sering ditemukan adalah biru, coklat, hijau, merah dan hitam.
  3. Teripang memiliki senjata untuk melawan predator lain yang terletak pada bagian skeleton, bentuknya mirip seperti duri runcing.
  4. Ukuran teripang sangat bervariasi mulai dari 1 cm hingga 30 cm.
  5. Teripang terlihat keras namun sebenarnya sangat lembut ketika disentuh.
  6. Teripang akan mengeluarkan racun yaitu holothurin yang dikeluarkan bersama dengan organ lain ketika merasa diserang oleh musuh.
  7. Teripang memiliki sistem indra yang buruk karena tidak memiliki otak.
  8. Teripang akan bernafas dengan anus.
  9. Bentuk tubuh teripang bisa berubah menjadi lebih kecil atau pipih dalam keadaan tertentu.
  10. Teripang sangat penting dalam ekosistem di laut karena akan makan planton dan berbagai sisa dari hewan yang sudah mati dalam air.
Teripang memang salah satu spesies laut yang sangat berpotensi. Tidak ada larangan untuk mengambil teripang dari laut. Namun perhatikan untuk mengambil teripang yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Teripang sangat penting untuk habitat kehidupan laut.
Bagaimana Dengan “Herbal” Produk Teripang?
Lebih baik yang alami, daripada “herbal” karena banyak klaim produk herbal saat ini, jadi kita sudah tidak mengetahui lagi mana yang benar2 herbal atau tidak, bayangkan bisa mendapatkan bahan baku sebanyak itu ? kita harus berpikir ulang dan lihat kandungannya jangan jangan lebih berbahaya dibandingkan dengan manfaatnya. Konsumsi langsung atau pemanfaatan sendiri lebih disarankan.

Popular posts from this blog

BARUS KOTA BERTUAH MINIATUR DAN DIMENSI SPRITUAL DARI PUNCAK MAKAM PAPAN TINGGI

Makam Tuan Syeikh Mahmud Barus di Papan Tinggi Desa Pananggahan, Kec. Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah-Sumut, sebagai Pembawa Syiar Agama Islam di Indonesia. Dari atas puncak Papan Tinggi atau yang biasa di sebut masyarakat setempat dengan sebutan Tompat atau Tangga Seribu menyimpan dimensi spritual yang tersembunyi. Dari atas terlihat hamparan pemukiman kota Barus dengan bentangan  samudera Hindia sebagai gerbang masuk nya Agama Kristen dan Islam di Indonesia dengan kekayaan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang pada zaman itu yakni kapur barus. (Baca : Rekam Jejak Barus)

Pancur Napitu Merah Putih Alur Danau Toba dan Legenda Sisingamangaraja

Pancur Napitu di temukan pada tahun 1833 oleh sekelompok masyarakat Batak saat membuka perkampungan Parhutaan Maria Gunung di Dusun I, Desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Pancur Napitu arti nya 7 sumber mata air yang keluar dari batu. Meskipun saat musim kemarau mata air tersebut tidak pernah kering dan bila saat musim  penghujan 7 mata air tersebut tetap mengeluarkan air yang jernih.

SUNGAI ASAHAN DALAM MINIATUR PEMBENTUKAN KABUPATEN BANDAR PULAU YANG BAROKAH

Oleh: Amiruddin Dolok Saribu Alias Tombak Nagara
Sungai Asahan berasal dari Danau Toba Kabupaten Tobasa dengan melintasi pegunungan hutan lindung Tormatung Asahan mengalir dan membelah sejumlah desa-desa di Kabupaten Asahan, Tobasa dan bermuara ke Kota Madya Tanjung Balai membaur ke pantai laut Selat Malaka. Sungai Asahan merupakan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) masyarakat Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Salah satu yang membuat Sungai Asahan mendunia karena sering menjadi tempat ajang perlombaan arum jeram bertaraf international. Namun sejak di bangun nya PLTA Asahan III arung jeram sudah tidak terdengar lagi kabar nya.

Tugu Perjuangan Bandar Pulau 'Susah di kenang senang di lupakan'

Tungu Perjuangan Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, merupakan bukti sejarah sebagai Pengibar pertama sangsaka Merah Putih di Asahan. Bandar pulau akan selalu di kenang, banyak putera-putri Bandar Pulau yang sudah berhasil di luar daerah, jadi apabila melihat photo ini pasti akan terkenang dengan Kampung halaman nya.

Tugu Sarang Helang 'Dikenang Sifat Kesatria Rakyat Asahan'

Selain Tugu Perjuangan Bandar Pulau yang terletak di Desa Bandar Pulau Pekan, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, (Baca:Tugu Perjuangan Bandar Pulau masih ada satu lagi sebuah Tugu Perjuangan Sarang Helang yang terletak di Desa Sarang Helang, Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.